Lord Computer
Site menu
Search
Facebook
Main » 2010 » July » 12 » Spanyol Angkat Trofi
17:11
Spanyol Angkat Trofi

Juara Baru, Spanyol Angkat Trofi Piala Dunia 2010!
Kapten Spanyol Iker Casillas mengangkat trofi Piala Dunia bersama rekan-rekannya, Senin dinihari WIB (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Drama tertinggi puncak dari turnamen sepakbola empat tahunan, final Piala Dunia 2010, akhirnya dimenangi oleh Spanyol. Namun tim 'matador' harus bersusah payah mengalahkan Belanda di laga final melalui gol tunggal Andres Inesta di menit ke-117 babak perpanjangan waktu  di Stadion Soccer City, Johannesburg, Senin dinihari WIB (12/7).

Spanyol mencatatkan diri sebagai juara baru di Piala Dunia. Sebelumnya juara Piala Dunia berkutat pada tim Brasil, Argentina, Jerman, Italia, Uruguay, Prancis, dan Inggris. Juara Piala Eropa 2008 ini juga memecah rekor sebagai tim Eropa pertama yang juara di benua lain. Spanyol yang tampil atraktif memang layak untuk mengangkat trofi Piala Dunia.

Pertarungan sengit sudah terjadi sejak menit pertama pertandingan. Banyak tekel-tekel keras dilakukan kedua kubu. Wasit Howard Webb dari Inggris pun tak segan mengeluarkan lima kartu kuning.

Tiga kartu kuning bagi Belanda dialamatkan pada Mark van Bommel, Robin van Persie, dan Nigel de Jong. Sementara, dua kartu kuning untuk Spanyol diberikan pada Carlos Puyol dan Sergio Ramos.

Spanyol yang di atas kertas lebih diunggulkan mengambil insiatif serangan melalui Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Pedro, dan Xabi Alonso, yang mendukung striker tunggal David Villa.

Meski mendominasi serangan, ketatnya pertahanan Belanda membuat Spanyol hanya sedikit memiliki peluang. Peluang terbaik dihasilkan melalui tendangan kaki kiri Villa di menit ke-12 setelah mendapat umpan matang Alonso. Sayang, tendangan top skor sementara dengan lima gol ini masih melebar.

Belanda yang mengandalkan serangan balik cepat melalui Wesley Sneijder, Dirk Kuyt, dan Arjen Robben, serta striker Robin van Persie justru dua kali memiliki peluang emas. Pertama di menit ke-17. Namun Belanda yang mendapat hadiah tendangan bebas tak bisa dituntaskan dengan baik oleh Sneijder yang melakukan eksekusi. Sepakannya masih lemah dan gampang saja didekap kiper Iker Casillas.

Peluang kedua Belanda dihasilkan di menit ke-45. Tekanan dilancarkan Belanda. Berawal dari tendangan bebas yang masih dapat diantisipasi bek Spanyol, Puyol, bola yang bergulir di kaki Robben, berhasil dimanfaatkannya untuk menjajal ketangguhan Casillas. Beruntung kiper Real Madrid itu dengan apiknya menepis tembakan pemain Bayern Muenchen itu. Hingga turun minum skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, pertandingan tetap berlangsung ketat dan keras. Spanyol masih mengambil insiatif serangan. Di menit awal babak kedua, tiga kartu kuning kembali dikeluarkan wasit untuk dua pemain Belanda, Giovanni van Bronckhorst dan John Heitinga. Satu lagi untuk pemain Spanyol, Joan Capdevila.

Belanda yang mulai keluar untuk tampil menyerang mendapat satu peluang emas yang mestinya bisa menghasilkan gol di menit ke-61. Sneijder mampu melespas umpan terobosan pada Robben.

Robben tinggal berhadapan dengan kiper Casillas. Sayang sekali ketidaktenangannya saat berhadapan satu lawan satu dengan Caillas memaksa tendangannya hanya berbuah tendangan penjuru setelah kiper Madrid itu dengan cerdik membaca tendangan Robben.

Di menit ke-70, giliran Spanyol mendapat peluang emas. Villa yang menerima sodoran datar dari pemain pengganti Jesus Navas tak dapat mengkreasinya menjadi gol bagi 'Matador'. Padahal posisinya memungkinkan untuk menceploskan si kulit bundar.

Tiga menit kemudian, lagi-lagi Villa belum bisa menamakan dirinya di papan skor. Mendapat hadiah tendangan bebas persis di depan kotak penalti lawan, tendangannya hanya menyamping. Di menit ke-78, sundulan Ramos memanfaatkan tendangan sudut juga melambung tipis di atas mistar gawang Belanda.

Di menit ke-88, Robben yang kali kedua kembali mendapat umpan terobosan dari Sneijder gagal memaksimalkannya menjadi gol. Padahal ia tinggal berhadapan dengan Casillas.

Hingga waktu normal 2x45 menit, kedudukan 0-0 belum berubah. Babak perpanjangan waktu 2x15 menit pun dilakukan.
 
Di 15 menit kedua perpanjangan waktu, Fernando Torres masuk menggantikan Villa yang mulai kelelahan. Ini menjadi kesempatan terakhir bagi Torres untuk mencetak gol di Piala Dunia 2010.

Spanyol tetap mengambil inisiatif serangan. Malapetaka bagi Belanda terjadi di menit ke-109. Hietinga yang melanggar Xavi mendapat kartu kuning kedua dan terpaksa harus diusir keluar lapangan. Belanda pun tampil dengan 10 pemain.

Gol bagi Spanyol akhirnya lahir di menit ke-117. Mendapat umpan Torres, Iniesta berhasil mengecoh pemain belakang Belanda dan melesakkan bola ke gawang kiper Belanda, Maarten Stekelenburg. Spanyol pun berpesta. Namun di akhir laga, Torres kembali dibekap cedera.


Susunan pemain

Belanda:
1-Maarten Stekelenburg; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 11-Arjen Robben; 9-Robin van Persie.

Spanyol:
1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 14-Xabi Alonso, 8-Xavi, 6-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 18-Pedro, 7-David Villa.

(REPUBLIKA.CO.ID)
Views: 1285 | Added by: InChut | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Calendar
«  July 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Archive
Polls
Rate my site
Total of answers: 4
Vidio
Copyright InChut © 2017